oneli.org

oneli.org – Ace Hasan Syadzily, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar dan anggota Tim Pengawas Haji, mengadakan kunjungan formal ke tenda jemaah haji kloter JKS 10 yang berlokasi di Maktab 76, Mina, Arab Saudi. Kunjungan ini berlangsung pada hari Senin, tanggal 17 April 2024, pukul 20.30 waktu setempat, bersama dengan Arteria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI.

Deskripsi Lokasi dan Kapasitas
Maktab 76, posisi strategisnya yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari jamarat, menjadi tempat penginapan bagi 450 jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat. Saat kunjungan, ditemukan bahwa kapasitas tenda telah melebihi batas maksimal sehingga beberapa jemaah terpaksa tidur di luar tenda.

Interaksi dengan Jemaah dan Evaluasi Kondisi Tenda
Selama kunjungan, Ace Hasan Syadzily berinteraksi langsung dengan para jemaah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai situasi yang mereka alami. Saat mempertanyakan alasan beberapa jemaah tidur di luar, beliau mendapat jawaban bahwa kondisi tenda yang sesak menjadi penyebab utama. Pertanyaan juga diajukan mengenai kinerja sistem pendingin udara di dalam tenda, mengingat pentingnya kenyamanan termal untuk jemaah.

Kondisi Kesehatan Jemaah
Dalam konteks kesehatan, Ace Hasan berdialog dengan Dr. Assyifa Anindya, seorang petugas kesehatan dari PPHI, mengenai tindakan medis yang diberikan kepada jemaah. Dr. Assyifa menyatakan, “Untuk kasus pingsan atau dehidrasi, kami memberikan penanganan langsung di maktab ini dengan pemberian infus.”

Kunjungan ini merupakan bagian dari tanggung jawab pengawasan yang diemban oleh DPR RI terhadap penyelenggaraan haji, dengan tujuan untuk memastikan kesejahteraan jemaah. Temuan dari kunjungan ini diharapkan dapat berkontribusi pada evaluasi dan peningkatan layanan haji di masa yang akan datang, serta memastikan bahwa infrastruktur dan layanan pada musim haji dapat memenuhi standar kenyamanan dan keamanan.