oneli.org

oneli.org – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, telah secara resmi menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengakui pembentukan Negara Palestina yang merdeka. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor berita resmi Saudi, SPA, dan dilaporkan oleh Al Arabiya pada 20 Juni 2024, beliau menggarisbawahi pentingnya negara dengan perbatasan tahun 1967 dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

“Kami mendesak komunitas internasional untuk mendukung inisiatif pembentukan Negara Palestina yang merdeka, sesuai dengan perbatasan tahun 1967, yang akan memastikan hak-hak sah rakyat Palestina dan membuka peluang bagi perdamaian yang komprehensif, adil, dan berkelanjutan di kawasan,” ucap Mohammed bin Salman.

Putra Mahkota juga menekankan pentingnya mengimplementasikan resolusi terkini dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mendesak gencatan senjata segera di Jalur Gaza. Beliau mengajak komunitas internasional untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kehidupan warga di wilayah tersebut.

Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah acara di Istana Mina, di mana Putra Mahkota, mewakili Raja Salman, menyambut para pemuka yang menghadiri ibadah haji tahun ini.

Dengan seruan ini, Arab Saudi menunjukkan komitmennya terhadap upaya perdamaian di Timur Tengah dan mendukung solusi dua negara sebagai jalan keluar untuk konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan.